Rabu, 17 Juli 2013

Tugas 1 bahasa indonesia 2

SAKURA BUNPOU
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA BAHASA JEPANG
DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH
A.  Pendahuluan
Bahasa Jepang memiliki karakteristik tertentu seperti penggunaan huruf, kosakata, sistem pengucapan, tata bahasa atau gramtika, dan ragam bahasanya. Apabila dibandingkan dengan bahasa Indonesia, bahasa Jepang memiliki struktur pola kalimat yang berbeda. Struktur kalimat dalam bahasa Jepang berpola ‘Subjek – Predikat’ atau ‘Subjek – Objek – Predikat’, sedangkan struktur kalimat dalam bahasa Indonesia berpola ‘Subjek – Predikat – Objek’. Berdasarkan pemikiran di atas, bahwa apabila pembelajar di Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang tidak mempelajari struktur bahasa Jepang dengan benar, maka akan mengalami kesulitan. Karena struktur kalimat bahasa Jepang berbeda dengan struktur bahasa Indonesia. Oleh sebab itu struktur bahasa Jepang penting untuk dipelajari oleh pembelajar agar tidak terjadi kesalahan dalam penyusun kalimat. Dan dalam proses pembelajaran ini juga dibutuhkan alat bantu ajar untuk menciptakan suatu interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Pembelajaran dapat menggunakan teknologi yaitu dengan menggunakan media, berbasis komputer yang dapat digunakan yaitu dengan membuat materi pelajaran yang dikemas ke dalam bentuk software.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2009) metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.
Manfaatnya dalam penelitian ini yaitu memberikan media yang dikemas semenarik mungkin untuk membantu pembelajar bahasa Jepang dalam mempelajari tata bahasa Jepang dan memberikan informasi tentang software macromedia flash professional 8
B.  Tinjauan Pustaka
Media Pembelajaran
Media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely dalam (Asyhar, 2011 ), yaitu materi atau kajian yang membangun suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Berdasarkan pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan (informasi dan pengetahuan) dari suatu sumber yang dapat merangsang minat, perasaan, dan pikiran peserta didik dalam proses belajar, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana peserta didik dapat melakukan proses belajar yang efektif.



Macromedia flash professional 8
Macromedia flash professional 8
aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan sarana interaksi dengan penggunanya. Proyek yang dibuat dengan flash bisa terdiri atas teks, gambar, animasi sederhana, video, atau efek-efek khusus lainnya.
Tata Bahasa Jepang
Bunpou
Iwabuchi dalam (Sudjianto, 2009) mendefinisikan tata bahasa atau gramatika sebagai aturan-aturan mengenai bagaimana menggunakan dan menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat. Berdasarkan pendapat tersebut tata bahasa dapat di artikan sebagai aturan-aturan dalam membuat sebuah kalimat.
C.  Pembahasan
Sakura Bunpou
Pada proses pembuatan media penulis menggunakan perangkat lunak softwareMacromedia Flash Professional 8 background Bunpou,
animasi lainnya. Langkah-langkah yang penulis lakukan pada saat
Sakura Bunpou
1)      Mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan media ini. Yang dimaksud dengan bahan-bahan di sini yaitu materi-materi, gambar-gambar, dan musik yang akan digunakan dalam media ini.
2)      background
toolmacromedia flash professional 8.
Toolrectangle tool, oval tool, dan fill color
3)      Membuat tombol masuk untuk menghubungkan dari satu halaman ke halaman yang lainnya. Pada pembuatan tombol pertama yaiatu tombol untuk masuk menuju menu utama, gambar tombol yang sudah dibuat dijadikan Symbol yaitu menjadi button
4)      exitaction script
digunakan pada tombol keluar sebagi berikut :
on (release) {
fscommand("quit",true);
}
5)      Memasukan gambar yang akan digunakan di dalam media yaitu library
6)      Membuat tes atau kuis pada media.
7)      Mengubah kursor dengan gambar animasi agar lebih menarik. action script sebagai   berikut :

onClipEvent (load) {
Mouse.hide();
}
onClipEvent (enterFrame) {
this._x = _root._xmouse;
this._y = _root._ymouse;
this.swapDepths(_root.z+1);
}
8)   full screen.
 sebagai berikut :
fscommand("fullscreen",true);
Action script ini diletakkan pada frame pertama di dalam timeline.
9) background musicbackground musicaction script
bgm=new Sound()
bgm.loadSound("musik/20-KarensTheme.mp3");
bgm.start(0,50);
bgm.setVolume(80);
File musik harus disimpan satu folder dengan file (.swf) atau (.exe) media tersebut. Dan format musik yang dapat digunakan yaitu (.Mp3).
10)    Exe
dapat dioperasikan di komputer manapun, jika di dalam komputer Flash digunakan.
Sakura Bunpou
1)      Sakura Bunpou
Sakura Bunpou
2)      Pada tampilan nama judul tekan tombol “klik” untuk masuk ke menu utama.
3)      Pada tampilan menu terdapat lima buah tombol yaitu :
· Tombol “プローフィル”, digunakan untuk menuju halaman profil.
· Tombol “ぶんぽういみ”, digunakan untuk menuju halaman bunpou
· Tombol “しりょう”, digunakan untuk menuju halaman materi.
· Tombol “テスト”, digunakan untuk menuju halaman tes.
· Tombol “でる”, digunakan untuk keluar dari media.
4)      Sakura Bunpou
tombol “でる”.
D.  Penutup
Kesimpulan
1.      Sakura Bunpou
software Macromedia Flash Professional 8
dalam pembuatan media sebagai berikut :
1)      Merancang desain media.
2)      Mengumpulkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan media.
3)      Membuat tombol masuk untuk melanjutkan ke menu utama.
4)      exit
5)      Memasukan gambar yang akan digunakan dalam media.
6)      Membuat tes atau kuis pada media.
7)      Mengubah kursor dengan aplikasi yang lebih menarik.
8)      full screen
9)      background music
10)  exe.
2.      Sakura Bunpou
berikut:
1)      Sakura Bunpou yang sudah terinstal pada komputer.
2)      Menekan tombol “klik” untuk masuk ke menu utama.
3)      Pilih tombol yang terdapat pada menu diantaranya tombol profil,bunpou
4)      Menekan tombol “でる” untuk keluar dari program aplikasi Sakura Bunpou.
3.      Hasil dari penilaian responden terhadap tampilan dan penggunaan Sakura Bunpou
a.       Penilaian responden terhadap tampilan media pembelajaran Sakura Bunpou.
rating scale
maka terlihat bahwa penilaian responden terhadap tampilan
Sakura Bunpou
b.      Penilaian responden terhadap penggunaan media pembelajaran Sakura Bunpou. rating scale
Nilai tersebut berada di antara interval setuju dan sangat setuju, Sakura Bunpou dalam pembelajaran tata bahasa Jepang yang dikhususkan untuk siswa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar