SAKURA
BUNPOU
SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN TATA BAHASA JEPANG
DI TINGKAT
SEKOLAH MENENGAH
A. Pendahuluan
Bahasa Jepang memiliki
karakteristik tertentu seperti penggunaan huruf, kosakata, sistem pengucapan, tata bahasa
atau gramtika, dan ragam bahasanya. Apabila dibandingkan dengan bahasa Indonesia, bahasa Jepang memiliki
struktur pola kalimat yang berbeda. Struktur kalimat dalam bahasa Jepang
berpola ‘Subjek – Predikat’ atau ‘Subjek – Objek – Predikat’, sedangkan
struktur kalimat dalam bahasa Indonesia berpola ‘Subjek – Predikat –
Objek’. Berdasarkan pemikiran di atas, bahwa apabila pembelajar di
Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang tidak mempelajari struktur
bahasa Jepang dengan benar, maka akan mengalami kesulitan. Karena
struktur kalimat bahasa Jepang berbeda dengan struktur bahasa Indonesia. Oleh
sebab itu struktur bahasa Jepang penting untuk dipelajari oleh
pembelajar agar tidak terjadi kesalahan dalam penyusun kalimat. Dan dalam proses
pembelajaran ini juga dibutuhkan alat bantu ajar untuk menciptakan
suatu interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Pembelajaran dapat
menggunakan teknologi yaitu dengan menggunakan media, berbasis komputer yang
dapat digunakan yaitu dengan membuat materi pelajaran yang dikemas ke dalam bentuk software.
Dalam penelitian ini
penulis menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development
(R&D). Menurut Sugiyono (2009) metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development
(R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk
tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.
Manfaatnya dalam
penelitian ini yaitu memberikan media yang dikemas semenarik mungkin
untuk membantu pembelajar bahasa Jepang dalam mempelajari tata bahasa Jepang dan
memberikan informasi tentang
software macromedia flash professional 8
B. Tinjauan Pustaka
Media Pembelajaran
Media pembelajaran menurut
Gerlach dan Ely dalam (Asyhar, 2011 ), yaitu materi atau kajian yang membangun
suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran
adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan
(informasi dan pengetahuan) dari suatu sumber yang dapat merangsang minat,
perasaan, dan pikiran peserta didik dalam proses belajar, sehingga terjadi
lingkungan belajar yang kondusif dimana peserta didik dapat melakukan
proses belajar yang efektif.
Macromedia flash professional 8
Macromedia flash
professional 8
aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan
membangun perangkat presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan
sarana interaksi dengan penggunanya. Proyek yang dibuat dengan flash bisa terdiri
atas teks, gambar, animasi sederhana, video, atau efek-efek khusus lainnya.
Tata Bahasa Jepang
Bunpou
Iwabuchi dalam (Sudjianto, 2009) mendefinisikan tata
bahasa atau gramatika sebagai aturan-aturan mengenai bagaimana menggunakan dan menyusun
kata-kata menjadi sebuah kalimat. Berdasarkan pendapat tersebut tata bahasa
dapat di artikan sebagai aturan-aturan dalam membuat sebuah kalimat.
C. Pembahasan
Sakura Bunpou
Pada proses pembuatan
media penulis menggunakan perangkat lunak softwareMacromedia Flash Professional 8 background Bunpou,
animasi lainnya. Langkah-langkah yang penulis lakukan
pada saat
Sakura Bunpou
1)
Mempersiapkan bahan-bahan yang
akan digunakan dalam pembuatan media ini. Yang dimaksud dengan bahan-bahan di sini yaitu
materi-materi, gambar-gambar, dan musik yang akan digunakan dalam media
ini.
2)
background
toolmacromedia flash professional 8.
Toolrectangle tool,
oval tool, dan fill color
3) Membuat tombol masuk untuk menghubungkan dari satu halaman ke halaman yang
lainnya. Pada pembuatan tombol pertama yaiatu tombol untuk masuk menuju menu
utama, gambar tombol yang sudah dibuat dijadikan Symbol yaitu menjadi button
4)
exitaction script
digunakan pada tombol
keluar sebagi berikut :
on (release) {
fscommand("quit",true);
}
5)
Memasukan gambar yang akan
digunakan di dalam media yaitu library
6)
Membuat tes atau kuis pada media.
7) Mengubah kursor dengan gambar animasi agar lebih menarik. action script sebagai berikut :
onClipEvent (load) {
Mouse.hide();
}
onClipEvent (enterFrame) {
this._x = _root._xmouse;
this._y = _root._ymouse;
this.swapDepths(_root.z+1);
}
8)
full screen.
sebagai
berikut :
fscommand("fullscreen",true);
Action script ini diletakkan pada frame pertama di dalam timeline.
9) background
musicbackground musicaction script
bgm=new Sound()
bgm.loadSound("musik/20-KarensTheme.mp3");
bgm.start(0,50);
bgm.setVolume(80);
File musik harus disimpan
satu folder dengan file (.swf) atau (.exe) media tersebut. Dan format musik yang
dapat digunakan yaitu (.Mp3).
10)
Exe
dapat
dioperasikan di komputer manapun, jika di dalam komputer Flash digunakan.
Sakura Bunpou
1)
Sakura Bunpou
Sakura Bunpou
2)
Pada tampilan nama judul tekan
tombol “klik” untuk masuk ke
menu utama.
3)
Pada tampilan menu terdapat lima
buah tombol yaitu :
· Tombol “プローフィル”, digunakan untuk menuju halaman profil.
· Tombol “ぶんぽういみ”, digunakan untuk menuju halaman bunpou
· Tombol “しりょう”, digunakan untuk menuju halaman materi.
· Tombol “テスト”, digunakan untuk menuju halaman
tes.
· Tombol “でる”, digunakan untuk keluar dari media.
4)
Sakura Bunpou
tombol “でる”.
D. Penutup
Kesimpulan
1.
Sakura Bunpou
software Macromedia
Flash Professional 8
dalam pembuatan media
sebagai berikut :
1)
Merancang desain media.
2)
Mengumpulkan bahan-bahan yang akan
digunakan dalam pembuatan media.
3)
Membuat tombol masuk untuk
melanjutkan ke menu utama.
4)
exit
5)
Memasukan gambar yang akan
digunakan dalam media.
6)
Membuat tes atau kuis pada media.
7)
Mengubah kursor dengan aplikasi
yang lebih menarik.
8)
full screen
9)
background music
10)
exe.
2.
Sakura Bunpou
berikut:
1) Sakura Bunpou yang sudah terinstal pada komputer.
2) Menekan tombol “klik” untuk masuk ke menu utama.
3) Pilih tombol yang terdapat pada menu diantaranya tombol profil,bunpou
4) Menekan tombol “でる” untuk
keluar dari program aplikasi
Sakura Bunpou.
3.
Hasil dari penilaian responden
terhadap tampilan dan penggunaan Sakura Bunpou
a. Penilaian responden terhadap tampilan media pembelajaran Sakura Bunpou.
rating scale
maka terlihat bahwa
penilaian responden terhadap tampilan
Sakura Bunpou
b. Penilaian responden terhadap penggunaan media pembelajaran Sakura Bunpou. rating scale
Nilai tersebut berada di antara interval
setuju dan sangat setuju, Sakura Bunpou dalam pembelajaran tata bahasa Jepang yang dikhususkan untuk siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar