Rabu, 17 Juli 2013

Tugas 2 bahasa indonesia

Tugas Sofskill 2 Kalimat efektif

Baca literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat (literatur bebas dan harus dicantumkan dalam daftar referensi). Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsure kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.

a.       Kesejajaran makna
-          Contoh : menggunakan fasilitas didalam resor pun tak kalah cantiknya dengan laut. (margo magazine)
-          Kalimat efektif : mengunakan fasilitas yang ada didalam resor tidak kalah cantik dengan laut.
-          Contoh : jerawat timbul akibat pola makan yang tak teratur serta perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh. (margo magazine)
-          Kalimat efektif : jerawat timbul akibat pola makan yang tidak teratur serta pada perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh.

b.      Kesejajaran Bentuk
-          Contoh : Putusan itu sekaligus membuktikan MA masih konsisten menerapkan pemidanaan mati untuk pengedar atau penjual narkoba. (Koran kompas)
          Kalimat efektif : Putusan itu dibuktikan MA masih konsisten diterapkan pemidanaan mati untuk pengedar atau penjual narkoba.
-          Contoh : lebih lanjut johan mengungkapkan,pemberkasaan juga tergantung dari kebutuhan penyidik akan pemeriksaan saksi-saksi. (Koran kompas)
-          Kalimat efektif : diungkapkan johan lebih lanjutn pemberkasaan juga tergabtung dari kebutuhan penyidik akan diperiksa saksi-saksi.

c.       Kesejajaran Bentuk dan Makna
-          Contoh : “Penyidikan itu,kan,tidak berarti harus tersangka duluan yang diperiksa.kalau tersangka belum diperiksa,bukan berarti kasusnya didiamkan” ujar kata johan. (Koran kompas)

Agar efektif, kalimat tersebut harus dikembalikan pada gagasan semula, yang terungkap dalam beberapa kalimat berikut.

-          Kalimat efektif :
o   penyidikan ini tidak harus tersangka duluan yang harus diperiksa
o   penyidikan ini harus mengikuti proses yang sudah ditentukan
o   maka kalau tersangka belum diperiksa bukan berarti kasusnya didiamkan.
Kalimat yang terdapat kalimat waktu dan tempat .
a.       Panen udang terakhir berlangsung pada Jumat (12/4) di DeSA Sukajaya,Kecamatan Pontang. (Koran kompas)
b.      Berbagai merek dan mobel mobil bekas ditawarkan kepada pengunjung di pasar besar mobil dan sepeda motor bekas di Parkir atIMUR Senayan, Jakarta,Jumat (19/4). (Koran kompas)
c.       Direktorat jenderal pajak kementerian Oktoria Hendrardji di Media Center Kantor Ditjen Pajak,Jakarta,Jumat (19/4). (Koran kompas)


3 kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting.

·         Kalimat urutan peristiwa logis
A. Wakil Presiden Boediono memgatakan, PT pertamnia seharusnya menyediakan bahan bakar minyak nonsubsidi hingga ke daerah pelosok, adapun perbedaan dengan BBM bersubsidi yang pasokannya terbatas ,BBM nonsubsidi tidak memiliki batasa kuota sehingga beberapa pun permintaan masyarakat harus dapat dipenuhi. (Koran kompas)
B.  Ketua DPP REI Setyo Maharso, saat dihubungi di Batam,Kepulauan Riau,Jumat (19/4), mengemukakan, sekitar 60% dari masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan KPR bersubsidi bekerja di sector informal. (Koran kompas)
C. Ribuan penumpang bus antarkota dalam provinsi Puspa Indah jurusan Malang-Kediri, Malang-Jombang, dan Malang-Tuban Jumat (19/4), terlantar berjam-jam diterminal Landungsari , kabupaten Malang, Jawa timur. (Koran kompas)

Carilah 5 kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan.
a. Andi datang membawa lauk pauk , lalu Andi meletakannya di atas meja makan (majalah anak bobo)
b. Dia mengambil surat itu dengan ragu, Dia berpikir apakah dia akan membacannya atau tidak. Karena mata Dia mengamati amplop yang tak beralamat pengirimnya. (majalah anak bobo)
c. Kami berusaha memahami apa yang terjadi di satu sektor industri, kami harus membuat regulasi yang tidak mendistorsi ekonomi. (Koran kompas)
d. Kami mulai paham karakter masing-masing,kami saling melengkap. (Koran kompas)
e. Dia biasanya jarang main,lebih suka menonton televisi, pada hari kamis pukul 20.00 Dia masih kelihatan menonton televisi. (majalah XY-Kids)
Cari kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan:
ü  Frase keterangan tempat
Contoh : Rio Harianto berada di posisi 25 pada sesi kualifikasi putaran kedua GP2 seri Bahrain Di Sakhir Internasional Circuit,Bahrain. (Koran kompas)
ü  Frase keterangan waktu
Contoh : Kemarin Circuit Sakhir tiba-tiba diguyur hujan singkat pada siang hari. (Koran kompas)
ü  Frase keterangan cara
Contoh : Setelah sukses membalas kekalahaan terdahulu, Fran/Sendy akan berhadapan Dengan ganda korea selatan. (Koran kompas)
ü  Frase verbum
Contoh : Adik sejak tadi akan menulis dengan pensil baru.
ü  Partikel penghubung

Contoh : Semua usaha sudah ia lakukan, tetapi hasil yang ia dapat belum memuaskan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar