Jumat, 03 Juni 2011

manusia dan keindahan

Manusia dan keindahan dunia
“Indah Indah Indah, hidup ini indah jika kita mengerti dan tahu kemana jalan hidup kita yang sesungguhnya”. Kalimat diatas adalah sedikit penggalan kata yang saya ambil dari status facebook saya, dengan kata-kata inilah banyak teman-teman saya yang mengomentari status saya dan membicarakan tentang keindahan hidup yang sudah diberikan oleh sang pencipta.
Banyak orang merasakan keindahan pada saat-saat tertentu karena kita tidak bisa merasakan indahnya hidup setiap hari ataupun setiap saat karena ada saat-saatnya berada diatas dan ada saatnya kita berada dibawah. Keindahan identik dengan kebenaran, kebenaran identik dengan kejujuran dan kejujuran identik dengan fakta yang membuat kita tahu akan segala kebenaran dan keindahan yang kita dapat.
Keindahan yang saya akan ceritakan dalam blog ini adalah tentang keindahan alam, keindahan hati, keindahan saling memiliki dan keindahan dicintai dan mencintai. Karena keindahan yang saya tuliskan di dalam ini berdasarkan pengalaman yang saya alami dan yang saya rasakan selama hidup merasakan bagaimana mendapatkan keindahan.
Pertama adalah tentang keindahan alam yang sudah diciptakan oleh sang pencipta. Banyak dan sering kita jumpai berbagai tempat dipelosok negeri kita yang kaya akan keindahan alamnya beserta isinya seperti keindahan pegunungan, keindahan pantai, laut dan keindahan kepulauan yang kita miliki. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau menghiasi keindahan pesisir laut Indonesia.
Keindahan alam tidak bisa kita ungkapkan dengan kata-kata karena kita hanya bisa merasakan betapa indahnya alam yang sudah diciptakan oleh sang pencipta dengan rasa kagum dan orang biasa mengabadikannya dengan berfoto-foto di sekitarnya, dan biasanya ada orang yang memiliki kebanggaan tersendiri karena pernah mengunjungi suatu tempat yang indah yang orang lain belum pernah kunjungi.
Kebesaran tuhan bisa dibuktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta segala kejadian alam yang ada di dunia ini.Keindahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan ciptaan tuhan. Manusia hanya dapat meniru keindahan sang pencipta tetapi tidak akan bisa untuk menyamai keindahan sang pencipta, justru manusia hanya bisa merusak apa yang sudah diciptakan.
Contoh dari perusakan alam yang sudah dilakukan oleh para manusia dan orang-orang yang tak bertanggung jawab seperti perusakan hutan yang mengakibatkan hutan yang gundul sehingga pada saat hujan mengakibatkan banjir. Dan ada juga contoh lainnya seperti pembuangan limbah disungai-sungai yang mengakibatkan pencemaran air bersih disebagian tempat.

Ada pula pembuangan sampah yang sembarangan yang mengakibatkan adanya banjir dimana-mana juga pemakaian kendaraan bermotor yang meningkat sehingga mengakibatkan terjdainya polusi udara yang tadinya sejuk penuh dengan tanaman penghasil oxygen sekarang kalah banyak dengan asap kendaraan. Terjadinya global warming adalah sebagian akibat dari yang ditimbulkan manusia karena banyaknya orang menggunakan banyak tenaga listrik seperti AC yang berlebihan dan banyaknya asap kendaraan juga banyaknya gedung pencakar langit yang menggunakan efek rumah kaca yang mengakibatkan lapisan ozon menipis dan membuat bumi ini tidak indah lagi seperti dulu.
Keindahan hati biasanya didapatkan di saat seseorang merasakan ketenangan hati dan pikiran, di saat orang merasakan ketenangan dan keindahan hati disaat itulah orang itu merasakan betapa dekatnya mereka dengan sang pencipta. Sebagian orang muslim mengartikan keindahan hati dengan dekatnya dia dengan allah setelah manjalankan shalat setelah melakukan kebaikan sesama umatnya, maka akan merasakan keindahan dan ketenangan tersendiri jika kita sudah merasa menjalani segala perintahnya dan menjauhi larangannya.
Indah hati juga bisa dirasakan dalam hati saat kita mendapatkan keridhoan dari orang tua saat kita ingin melamar dan menikah. Rasa indah itu tak terbendung saat kau mendapat restu dari keluargamu dan orang tua pasanganmu bahwa kau diterima sebagai calon pasanganmu karena hidup ini hanya sekali dan janganlah kau sia-siakan apa yang sudah diberikan oleh sang pencipta dengan indahnya dan bahagianya memiliki satu istri yang cantik nan solehah karena itu adalah sebagian dari keindahan dunia.
Keindahan seni juga bisa dirasakan dan didapatkan semua orang terutama oleh para seniman yang biasa bergelut dengan kesenian seperti seorang pelukis maupun seniman lainnya. Seorang pelukis akan senang dan bahagia apabila karyanya dinilai indah karena keindahan seni bagi seniman sangatlah berarti dan bernilai jual mahal dan tinggi karena tingkat kesulitan dalam membuat karya seni yang indah cukup sulit.
Sama halnya seperti seniman pelukis, seniman musisi dan fotografer juga akan merasakan bahagia apabila hasil mereka dikatakan indah atau dinilai bagus karena seorang musisi menciptakan sebuah lagu dengan indah agar semua fansnya merasa senang dan terhibur dengan lagunya. Sedangkan seorang fotografer merasa senang apabila hasil fotonya dinilai indah dan bagus karena seorang fotografer harus pintar-pintar dalam mengambil foto objek yang akan difoto entah itu objek mati(benda mati, pemandangan alam) maupun obek hidup(manusia dan hewan). Maka dari itu seorang fotografi harus bisa memilih posisi dan angle objek tertentu.
Itulah sebagian keindahan yang sering kita temui didunia ini dari indahnya alam, indahnya hati dan keindahan dari sebuah seni. Pastinya kalian juga pernah merasakan bagaimana merasakan keindahan alam dan hati karena sebagian orang keindahan alam dan hati adalah pengalaman pribadi dan pengalaman tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar